Tupoksi Sekretariar Satpol PP

TUPOKSI SEKRETARIAT SATPOL PP

Sekretariat

Sekretariat mempunyai tugas perumusan konsep/rencana pelaksanaan kebijakan, pengkoordinasian, pemantauan, evaluasi, pelaporan meliputi keuangan, hokum, kehumasan keorganisasian dan ketatalaksanaan, pembinaan ketatausahaan, kearsipan, aset rumahtangga, kepegawaian dan pelayanan administrasi di lingkungan Satuan Polisi Pamong Praja.

Dalam melaksanakan tugas sekretariat menyelenggarakan fungsi :

  1. Pengkoordinasian kegiatan kesekretariatan di lingkungan Satuan Polisi Pamong Praja.
  2. Pengkoordinasian dan penyusunan rencana dan program kerja di lingkungan Satuan Polisi Pamong Praja.
  3. Pembinaan dan pemberian dukungan administrasi yang meliputi keuangan, hukum, hubungan masyarakat, ketatausahaan, kearsipan, kerumahtanggaan, kepegawaian dan pelayanan administrasi di lingkungan Satuan Polisi Pamong Praja.
  4. Pengkoordinasian pembinaan dan penataan organisasi dan tata laksana di lingkungan Satuan Polisi Pamong Praja.
  5. Pengkoordinasian dan penyusunan peraturan perundang-undangan serta pelaksanaan advokasi hukum di lingkungan Satuan Polisi Pamong Praja.
  6. Pengkoordinasian pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan pengelolaan informasi dan dokumentasi.
  7. Penyelenggaraan pengelola barang milik/asset daerah dan pelayanan pengadaan barang/jasa di lingkungan Satuan Polisi Pamong Praja.
  8. Pelaksana monitoring, evaluasi dan pelaporan sesuai dengan lingkup tugasnya.
  9. Pelaksana fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Satuan terkait dengan tugas dan fungsinya.

Uraian Tugas Sekretariat, sebagai berikut :

  1. Menyusun konsep program kerja Satuan Polisi Pamong Praja sebagai pedoman dan acuan pelaksana tugas.
  2. Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja dinas agar terwujud sinkronisasi pelaksana tugas.
  3. Mendistribusikan tugas dan mengarahakan tugas bawahan sesuai dengan fungsi dan kompetensi bawahan dengan prinsip pembagian tugas habis.
  4. Mengkonsep program kerja dan pelaporan Satuan Polisi Pamong Prajadengan mengkoordinasikan penyusunan program dan laporan dari bidang-bidang.
  5. Menyelia pengelolaan keuangan Satuan Polisi Pamong Praja dengan cara mengarahkan pelaksanaan teknis penyusunan anggaran, belanja umum dan kegiatan serta tanggung jawab keuangan.
  6. Menyusun konsep bidang keorganisasian dan ketatalaksanaaan, kehumasan dan hukum.
  7. Menyelenggarakan ketatausahaan Satuan Polisi Pamong Praja dengan menyelia surat-menyurat, kearsipan dan pelayanan pimpinan.
  8. Menyelenggarakan urusan rumahtangga Satuan Polisi Pamong Praja dengan mengarahkan pengelolaan barang investaris, barang habis pakai, pemeliharaan sarana prasarana dan pengadaan serta penghapusan barang inventaris.
  9. Menyelia pengelolaan administrasi kepegawaian Satuan Polisi Pamong Praja untuk mengoptimalkan kinerja sumber daya manusia.
  10. Mengarahkan dan menilai kinerja bawahan dengan memgevaluasi hasil kerja bawahan untuk memacu prestasi kerja.
  11. Menyampaikan saran dan masukan kepada pimpinan untuk bahan pertimbangan pengambilan kebijakan.
  12. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas sebagai wujud pertanggungjawaban.
  13. Melaksanakan tugas kedinasan laian atas perintah pimpinan.

 

Sub Bagian Program dan Keuangan

Sub bagian program dan keuangan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan rumusan, pengkoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan bidang perencanaan dan program kerja serta pengelolaan keuangan di lingkungan Satuan Polisi Pamong Praja.

Uraian Tugas Sub bagian progam dan keuangan

  1.  Menyiapkan bahan program kerja bidang program dan keuangan sebagai pedoman dan acuan pelaksana tugas.
  2. Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja dinas agar terwujud sinkronisasi pelaksanaan tugas.
  3. Mendistribusikan tugas dan menyelia tugas bawahan sesuai dengan fungsi dan kompetensi bawahan dengan prinsip pembagian tugas habis.
  4. Melaksanakan kegiatan perencanaan dengan mengelola bahan penyusunan rencana kerja Satuan Polisi Pamong Praja secara periodik.
  5. Menyiapkan dan menyusun bahan pengendalian kegiatan Satuan Polisi Pamong Praja.
  6. Melaksanakan monitoring terhadap pelaksanaan program/kegiatan Satuan Polisi Pamong Praja serta menyiapkan tindak lanjut hasil monitoring.
  7. Menyiapkan bahan evaluasi pelaksanaan program/kegiatan Satuan Polisi Pamong Praja dan penyusunan laporan pertanggungjawaban Satuan Polisi Pamong.
  8. Melaksanakan perencanaan keuangan Satuan Polisi Pamong Praja dengan mengelola bahan penyusunan rencana anggaran, belanja umum dan kegiatan .
  9. Mengkoordinasikan pengelolaan keuangan Satuan Polisi Pamong Praja meliputi analisis keuangan, perbendaharaan, verifikasi, akuntansi dan pertanggungjawaban keuangan.
  10. Mengarahkan dan menilai kinerja bawahan dengan mengevaluasi hasil kerja bawahan untuk memacu pretasi kerja.
  11.  
  12. Menyampaikan saran dan masukan kepada pimpinan untuk bahan pertimbangan pengambilan keputusan.
  13. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas sebagai wujud pertanggungjawaban.
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lain atas perintah pimpinan.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Sub bagian umum dan kepegawaian mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan, pengkoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi pembinaan ketatatusahaan, hukum, kehumasan, keorganisasian dan ketatalaksanaan, rumahtangga, kearsipan, kepegawaian dan pelayanan administrasi di lingkungan Satuan Polisi Pamong Praja.

Uraian tugas sub bagian umum dan kepegawaian, sebagai berikut :

  1. Menyiapkan bahan program kerja bidang umum dan kepegawaian sebagai pedoman dan acuan pelaksana tugas.
  2. Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja dinas agar terwujud sinkronisasi pelaksana tugas.
  3. Mendistribusikan dan menyelia tugas bawahan sesuai dengan fungsi dan kompetensi dengan prinsip pembagian tugas habis.
  4. Melaksanakan ketatausahaan Satuan Polisi Pmong Praja dengan mengelola surat masuk, surat keluar, penataan arsip dan dokumen, legalisasi surat, Sistem Informasi Manajemen Satuan Polisi Pamong Praja.
  5. Menyiapkan bahan keorganisasian, kehumasan dan hukum Satuan Polisi Pamong Praja dengan menyiapkan bahan analisis dan kajian yang diperlukan.
  6. Melaksanakan pengelolaan rumah tangga Satuan Polisi Pamong Praja dengan menyelia barang inventaris/asset, barang habis pakai, pemeliharaan sarana prasarana kantor, pengadaan dan penghapusan barang inventaris/asset.
  7. Melaksanakan pengelolaa administrasi kepegawaian meliputi presensi pegawai, kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, gaji dan tunjangan, pendidikan kesejahteraan, disiplin, mutasi dan penatausahaan pegawai.
  8. Melaksanakan pengelolaan pensiun, cuti, daftar normative pegawai dan daftar urut kepangkatan, penilaian prestasi kerja dan urusan kepegawaian lain.
  9. Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pimpinan dalam dan luar kantor dengan menyiapkan administrasi dan sarana prasarana yang diperlukan Kepala Satuan.
  10. Mengarahkan dan menilai kinerja bawahan dengan mengevaluasi hasil kerja bawahan untuk memacu prestasi kerja.
  11. Menyampaikan saran dan masukan kepada pimpinan untuk bahan pertimbangan pengambilan keputusan.
  12. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas sebagai wujud pertanggungjawaban.
  13. Melaksanakan tugas kedinasan lain atas perintah pimpinan.