Tupoksi Bidang Linmas & Damkar Satpol PP

BIDANG PERLINDUNGAN MASYARAKAT DAN PEMADAM KEBAKARAN

Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat dan Pemadam Kebakaran

Bidang Perlindungan Masyarakat dan Pemadan Kebakaran mempunyai tugas perumusan konsep dan pelaksanaan kebijakan teknis, pengkoordinasian, pemantauan evaluasi dan pelaporan bidang perlindungan masyarakat, pemadam kebakaran dan pemberdayaan potensi masyarakat.

Dalam melaksanakan tugas Bidang Perlindungan Masyarakat dan Pemadam Kebakaran mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan bahan penyusunan rencana program bidang perlindungan masyarakat dan pemadam kebakaran.
  2. Penyiapan bahan bimbingan dan pengendalian teknis bidang perlindungan masyarakat dan pemadam kebakaran.
  3. Penelolaan administrasi bidang perlindungan masyarakat dan pemadam kebakaran.
  4. Melaksankan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya.

Uraian tugas Bidang Perlindungan Masyarakat dan Pemadam Kebakaran sebagai berikut :

  1. Merumuskan konsep program kerja bidang perlindungan masyarakat dan pemadam kebakaran sebagai pedoman dan acuan pelaksana tugas.
  2. Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja dinas agar terwujud sinkronisasi pelaksana tugas.
  3. Mendistribusikan tugas menyelia tugas bawahan sesuai dengan fungsi dan kompentensi prinsip pembagian tugas habis.
  4. Menyusun bahan perencanaan strategis bidang perlindungan masyarakat dan pemadam kebakaran.
  5. Menyusun bahan pelaksanaan kebijakan perlindungan masyarakat dan pemadam kebakaran.
  6. Menyusun bahan fasilitasi dan pemberdayaan kapasitas penyelenggara perlindungan masyarakat dan pemadam kebakaran.
  7. Melaksanakan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dalam rangka kegiatan perlindungan masyarakat dalam penanggulangan dan penanganan pengungsi korban bencana alam dan/atau konflik social.
  8. Menyelenggarakan kegiatan memadamkan kebakaran berkerjasama dengan instansi/dinas, kecamatan, Desa dan Masyarakat.
  9. Mentyusun laporan bulanan, triwulan dan taunan bidang perlindungan masyarakat dan pemadam kebakaran.
  10. Mengarahkan dan menilai kinerja bawahan dengan mengevaluasi hasil kerja bawahan untuk memacu pretasi kerja.
  11. Menyampaikan laporan hasil pelaksanaan tugas sesuai hasil yang telah dicapaisebagai pertanggungjawaban pelaksana tugas.
  12. Menyampaikan saran dan masukan kepada pimpinan untuk bahan pertimbangan pengambilan kebijakan.
  13. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas sebagai wujud pertanggungjawaban.
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lain atas perintah pimpinan.

 

Seksi Perlindungan Masyarakat

Seksi perlindungan masyarakat mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan rumusan, pengkoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan bidang perlindungan masyarakat.

Uraian tugas perlindungan masyarakat, sebagai berikut :

  1. Perumusan konsep program kerja perlindungan masyarakat sebagai pedoman dan acuan pelaksanaan tugas.
  2. Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja dinas agar terwujud sinkronisasi pelaksanaan tugas.
  3. Mendistribusikan tugas dan menyelia tugas bawahan sesuai dengan fungsi dan kompetensi bawahan dengan prinsip pembagian tugas habis.
  4. Menyiapkan bahan pelaksanaan kebijakan pengerahan dalam rangka perlindungan masyarakat.
  5. Menyiapkan bahan pelaksanaan fasilitasi dan pemberdayaan kapasitas penyelenggaraan perlindungan masyarakat.
  6. Menyiapkan bahan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dalam rangka kegiatan perlindungan masyarakat dalam penanggulangan dan penanganan pengungsi korban bencana alam dan/atau konflik sosial.
  7. Menyusun laporan kinerja bulanan, triwulanan dan tahunan bidang perlindungan masyarakat.
  8. Menyampaikan laporan hasil pelaksanaan tugas kepada pimpinan sesuai hasil yang telah dicapai sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
  9. Menyampaikan saran dan masukan kepada pimpinan untuk bahan pertimbangan pengambilan kebijakan.
  10. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas sebagai wujud pertanggungjawaban.
  11. Melaksanakan tugas kedinasan lain atas perintah pimpinan.

 

Seksi Pemadam Kebakaran

Seksi pemadam kebakaran mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan, pengkoordinasian, pelaksanaan, evaluasi kerja serta pelaporan bidang pencegahan dan penanggulangan bencana kebakran.

Uraian tugas seksi pemadam kebakaran, sebagai berikut :

  1. Perumusan konsep program kerja seksi pemadam kebakaran sebagai pedoman dan acauan pelaksanaan tugas.
  2. Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja dinas agar terwujud sinkronisasi pelaksanaan tugas.
  3. Mendistribusikan tugas dan menyelia tugas bawahan sesuai dengan fungsi dan kompetensi bawahan dengan prinsip pembagian tugas habis.
  4. Melaksanakan program dan kegiatan pencegahan kebakaran yang terdiri dari kegiatan pengendalian resiko kebakaran dan mitigasi resiko kebakaran.
  5. Melaksanakan kegiatan penanggulangan kebakaran yaitu pelayanan secara cepat, akurat dan efisien mulai dari informasi kebakaran diterima sampai api padam.

 

  1. Melaksanakan kegiatan penyelamatan korban dengan pemberian pelayanan untuk memperkecil korban jiwa dan kerugian harta benda akibat kebakaran dan bencana lainnya dalam bentuk evakuasi, pertolongan pertama dari tempat kejadian dan bekerjasama dengan instansi terkait untuk melakukan pertolongan.
  2. Melakukan penyiapan, penyediaan, pemeliharaan sarana dan prasarana pencegahan dan penanggulangan kebakaran serta peralatan penyelamatan korban agar dalam kondisi yang siap pakai.
  3. Melaksanakan tugas piket 24 jam dan siap setiap saat melakukan pemadaman kebakaran serta penyelamatan korban kebakaran dan bencana lainnya.
  4. Melaksankan pembinaan dan pengawasan terhadap Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK) Pemadam Kebakaran.
  5. Mengumpulkan, mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan dan pemecahan masalah yang berhubungan dengan pencegahan dan penanggulangan kebakaran.
  6. Memberikan pelayanan informasi yang berkaitan dengan pencegahan dan penanggulangan kebakaran.
  7. Menyampaikan laporan hasil pelaksanaan tugas kepada pimpinan sesuai hasil yang telah dicapai sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
  8. Menyampaikan saran dan masukan kepada pimpinan untuk bahan pertimbangan pengambilan kebijakan.
  9. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas sebagai wujud pertanggungjawaban.
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lain atas perintah pimpinan.

 

Seksi Pemberdayaan Potensi Masyarakat

Seksi pemberdayaan potensi masyarakat mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan, pengkoordinasaian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan bidang pemberyaaan potensi masyarakat.

Uraian tugas seksi pemberdayaan potensi masyarakat, sebagai berikut :

  1. Merumuskan konsep program kerja seksi pemberdayaan potensi masyarakat sebagai pedoman dan acuan pelaksanaan tugas.
  2. Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja dinas agar terwujud sinkronisasi pelaksanaan tugas.
  3. Mendistribusikan tugas dan menyelia tugas bawahan sesuai dengan fungsi dan kompetensi bawahan dengan prinsip pembagian tugas habis.
  4. Menyiapkan bahan pelaksanaan kebijakan pengerahan dan pengembangan potensi masyarakat dalam rangka perlindungan masyarakat dan ketertiban umum.
  5. Menyiapkan bahan pelaksanaan fasilisati dan pengembangan potensi masyarakat.
  6. Menyusun laporan kinerja bulanan, triwulanan dan tahunan bidang pengembangan potensi masyarakat.
  7. Menyampaikan laporan hasil pelaksanaan tugas kepada pimpinan sesuai hasil yang telah dicapai sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
  8. Menyampaikan saran dan masukan kepada pimpinan untuk bahan pertimbangan pengambilan kebijakan.
  9. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas sebagai wujud pertanggungjawaban.
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lain atas perintah pimpinan.